Info Artikel Kesehatan

Cara mengatasi tingkat polusi

Polusi
Polusi

Polusi masih menjadi masalah yang diperguncingkan di negara kita indonesia. Tingkat polusi di kota-kota besar di indonesia semakin hari semakin memprihatinkan. Tinggi nya tingkat polusi ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah semakin banyak nya pengguna kendaraan di kota kota besar di indonesia. Polusi yang disebabkan dari asap kendaraan sangat tinggi kadar polusi tersebut dan hal ini tentunya dapat menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan masyarakan di kota tersebut. Terlebih lagi apabila masyarakat tersebut menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan, maka hal tersebut mengandung risiko yang lebih besar untuk terkena paparan polusi dari kendaraan.

Polusi adalah sesuatu yang faktor yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Polutan seperti karbonmonoksida (CO) dapat mempengaruhi kesehatan hemoglobin dalam darah. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi kemampuannya untuk berikatan dengan oksigen sehingga hal ini dapat menjadi salah satu pemicu risiko terjadinya penyakit jantung, saraf, atau paru-paru.

Selain itu para ahli juga telah menunjukkan bahwa tingginya tingkat polusi yang terjadi dapat menurunkan kadar kolesterol “Baik” dalam darah dan mempengaruh terjadinya pengerasan pada pembuluh darah arteri. Polusi juga sangat berhubunga dengan terjadinya risiko penyakit diabetes, autisma, dan kanker pada anak.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi polusi di era globalisasi ini dengan tingkat polusi yang tinggi.
1. Gunakan masker
Cara untuk mengatasi polusi yang pertama adalah kita dapat menggunakan masker. Pada saat mengendarai sepeda motor, angkutan umum, atau jalan kaki di trotoar di kota yang memiliki tingkat polusi tinggi, sebaiknya anda menggunakan masker. Masker bisa menjadi solusi untuk menghidari polutan. Dan lebih disarankan untuk penggunaan masker yang terbuat dari kain. Hal ini karena pori-pori masker kain lebih rapat dibandingkan dengan masker kertas yang hanya untuk sekali pakai.
2. Menggunakan kacamata
Cara pengantisipasi polusi yang kedua adalah menggunakan kacamata hal ini karena polusi tidak hanya dapat masuk melalui organ hidung. Paparan polusi tidak selalu berhubungan dengan hidung saja, mata pun dapat terkena reaksi daripolusi. Untuk mengurangi paparan polusi pada matadi sarankan untuk selalu menggunakan kacamata, khususnya bagi pengendara sepeda motor atau pejalan kaki di pinggir jalan. Selain untuk menghindari polusi kacamata juga dapat melindungi mata dari reaksi sinar ultraviolet. Seperti yang diketahui paparan Sinar UV dapat mempengaruhi fungsi kesehatan organ mata.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi tingginya tingkat polusi di kota kota besar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *